halo hola semua... apa kabarnya hari ini? insha Allah semoga semua baik baik aja :-)
okeh kawan, kali ini mo coba peruntungan lainnya di lapak situs ane, well, seperti kita tau, sekarang motor motor matic banyak beredar di jakarta dan juga indonesia. mungkin persentase motor bebek, sport/batangan dengan matic sekitar 30-15-55, yang artinya, matic 55% memegang porsi penjualan terbesar di indonesia ini
Yamaha Majestic 400 |
liat aja data dari hasil penjualan Gaikindo taun 2014 kmaren, motor matic memegang penjualan terbesar di indonesia. terutama di dominasi sama merk sayap sebelah, diikutin yamahmud di posisi kedua dan posisi ketiga di pegang merk italiano, Piaggio.
untuk yang merk ketiga ane sebut diatas, tentu segmented, yang artinya hanya orang orang yang "melek" teknologi dan informasi saja yang tau merk ini. dan dari kenyataan di atas itu juga, kita bisa tau kemudahan kemudahan yang dimiliki motor matic dibanding motor jenis lain.
ga pegel oper gigi, tarik tuas kopling, praktis tinggal gas - rem - gas - rem. yes, itu contoh kemudahan paling banyak yang diungkapin sama pengguna matic kebanyakan (survey ane lakukan bukan di jakarta, tapi kebanyakan di daerah seperti garut, bandung kabupaten, wonosobo, temanggung, magetan n madiun).
dan seperti kita tau juga, dibalik semua kemudahan dan ke praktisan motor matic, ada hal hal yang cukup "memberatkan" kita sebagai pemilik motor matic. yaitu, perhatian extra ke sektor penggerak motor matic yaitu CVT (Continues Variable Transmission), seperti belt, kopling kering (konon katanya, kopling kering ini cepat sekali habis/terkikis).
kenapa kopling kering ini lebih cepat terkikis? ilustrasinya: plat kopling, yang tiap saat bergesekan dengan outer clutch, baik dalam kondisi dingin maupun panas, tentu akan sangat mempercepat dan mempermudah plat tersebut untuk habis. karena dalam kondisi panas (kondisi operasional kerja), plat kopling tergerus terus terusan oleh outer clutch. dan seperti kita tau, semua benda yang dalam kondisi temperature panas pastinya akan lebih cepat habis terkikis dibanding benda dalam kondisi dingin.
kenapa kopling kering ini lebih cepat terkikis? ilustrasinya: plat kopling, yang tiap saat bergesekan dengan outer clutch, baik dalam kondisi dingin maupun panas, tentu akan sangat mempercepat dan mempermudah plat tersebut untuk habis. karena dalam kondisi panas (kondisi operasional kerja), plat kopling tergerus terus terusan oleh outer clutch. dan seperti kita tau, semua benda yang dalam kondisi temperature panas pastinya akan lebih cepat habis terkikis dibanding benda dalam kondisi dingin.
dan di kesempatan ini, ane mau memberikan kemudahan ke teman teman sekalian, jasa pantek kampas kopling khusus motor matic. kualitas kampas kopling yang ane tawarkan ini tentunya sama atau mungkin di atas kualitas kampas kopling motor pabrikan.
kenapa ane bisa bilang begitu? udah kebukti di motor ane (Benelli Zafferano 250cc). udah dipakai selama 1,5 taun. odometer sudah mencapai 4000 km - jujur, motor jarang dipake, tapi sekalinya dipake untuk long range touring (900 - 1400 km PP) - nah, sejak pertama diganti blok CVTnya, ane langsung ganti kampas kopling. karena ane ngerasain dengan cvt baru nya, untuk top speed dan tenaga, agak kurang dibanding dengan cvt revisi lama.
revisi lama nya memang agak berisik di kondisi low rpm, tapi untuk tenaga di tanjakan, topspeed, mengagumkan. daripada sekedar menyesal, menyesal, ane coba inisiatif sendiri, untuk ganti kampas kopling. memang kampas kopling bawaan cvt revisi baru masih tebal, tapi performanya menurut ane masih kurang.
walhasil dari hasil coba trial-error, sampai 3x ganti kampas kopling, akhirnya ane nemuin kampas kopling kualitas yahud dan menurut ane performanya cukup mengagumkan. ga perlu yang fantastis, cukup kemampuan cvt revisi lama, kembali lagi, itu udah cukup buat ane.
dari hasil akhir pengetesan jarak jauh, jakarta - garut - tasik - cianjur - puncak - jakarta, dengan total jarak odometer PP sejauh 1200 km, ga ada keluhan berarti. overlap bus bus malam, tanjakan? sing ada lawan, malaah ada ninin 250 yang ngotot mo nyalip di tanjakan gentong, persis di belakang ane, tapi ga bisa nyalip nyalip. malahan begitu si ninin over ke gigi 3, langsung ane menjauh, menjauh dan menjauh (the objects on the mirror, are finally out of sight) hehehe.. mungkin si ninin sudah terlalu lelah panteng di gigi 2, sampai redline rpm nya, dan begitu over ke gigi 3, tenaga si ninin udah terlalu payah.
kenapa ane bisa bilang begitu? udah kebukti di motor ane (Benelli Zafferano 250cc). udah dipakai selama 1,5 taun. odometer sudah mencapai 4000 km - jujur, motor jarang dipake, tapi sekalinya dipake untuk long range touring (900 - 1400 km PP) - nah, sejak pertama diganti blok CVTnya, ane langsung ganti kampas kopling. karena ane ngerasain dengan cvt baru nya, untuk top speed dan tenaga, agak kurang dibanding dengan cvt revisi lama.
Benelli Zafferano clutch & outer clutch set |
walhasil dari hasil coba trial-error, sampai 3x ganti kampas kopling, akhirnya ane nemuin kampas kopling kualitas yahud dan menurut ane performanya cukup mengagumkan. ga perlu yang fantastis, cukup kemampuan cvt revisi lama, kembali lagi, itu udah cukup buat ane.
contoh kampas kopling kualitas tinggi |
hehehehe... dan sejauh ini setelah ane cek bongkar cvt, kampas kopling masih cukup yang artinya ga ada keausan berarti setelah dipakai jalan dengan ritme yang bervariasi (santay, full throttle, brutal & discipline). paling outer clutch aja yang ane sedikit amplas halus, untuk keluarin residu residu kampas kopling.
So, buat agan agan yang mau berhemat dengan biaya murah, boleh coba hubungin ane :-) . ane coba kasih perbandingan aja, dengan harga total (plus ongkos pasang) Rp. 300.000, dibanding dengan kampas kopling asli dari pabrikan yang seharga lebih dari 400.000, dan itu belum termasuk ongkos pasang (100.000), bisa dijadiin alternatif penghematan ke ane. dengan kualitas kampas kopling yang bisa dibuktikan.
monggo, silakan menghubungi ane, oya, untuk pengerjaan maximal 3 hari (maklum, ane masih kuli kantoran juga) karna ane harus bongkar motor sampeyan, trus jalan ke pemasok kopling ane, trus pasang lagi di motor sampeyan, yah maximal 3 hari. idealnya sih motor masuk hari jumat (minimal malam), trus minggu pagi udah bisa diambil begitu kisanak wkwkwkwkk..... (sst, bukannya apa apa gan, sabtu - minggu ane kan libur. jadinya waktu bebas lumayan banyak)
Contact dan alamatnya dimana nih mas bro?
ReplyDeletenomer kontaknya dimana nih?
ReplyDeleteBro contact kemana? Ane berminat nih datang ke tempat agan
ReplyDeleteBro contact kemana? Ane berminat nih datang ke tempat agan
ReplyDelete085214090909 ane mo test nih bisa wa bro ditunggu ane mo kampas koplingnya bro zaffer 250 siapin bro
ReplyDeleteHarus bawa motor2nya?
ReplyDeleteKirain pantek lebih murah. Gak tau ama aslinya sama harga.....
ReplyDeleteBro mau pantek minta nomor wanya
ReplyDeleteBang mau mantek kampas otomatis buat spin kira2 brp?
ReplyDeleteLokasi mana
DeleteBenelli Zafferano clutch & outer clutch set
ReplyDeleteharga berapa
ReplyDeleteAss. Bro masih ada kampas ganda zafferano 250
ReplyDeleteKenapa ga di balas
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletekampas Xmax https://tokopedia.link/LppJSi2E8W
ReplyDelete